Lamar Kerja via LinkedIn: Panduan Komprehensif

By | Maret 28, 2024

Cara melamar kerja melalui linkedin – Di era digital ini, LinkedIn telah menjadi platform yang sangat penting untuk melamar kerja. Dengan fitur-fiturnya yang canggih, Anda dapat mengoptimalkan profil, mencari pekerjaan yang sesuai, dan terhubung dengan perekrut dan manajer perekrutan.

Dalam panduan komprehensif ini, kami akan mengulas semua langkah penting untuk melamar kerja melalui LinkedIn, mulai dari membuat profil yang menarik hingga melacak lamaran Anda.

Profil LinkedIn yang Menarik: Cara Melamar Kerja Melalui Linkedin

Cara melamar kerja melalui linkedin

Profil LinkedIn yang dioptimalkan sangat penting untuk melamar kerja. Berikut cara mengoptimalkannya:

Ringkasan yang Kuat

  • Jelaskan secara singkat pengalaman dan keterampilan Anda.
  • Gunakan kata kunci yang relevan dengan industri Anda.
  • Tulis dalam sudut pandang orang pertama dan gunakan bahasa yang kuat.

Foto Profil Profesional

Pilih foto profesional yang menunjukkan wajah Anda dengan jelas. Hindari menggunakan foto yang dipotong atau tidak jelas.

Pengalaman yang Relevan

  • Daftar pengalaman kerja Anda dalam urutan kronologis terbalik.
  • Jelaskan tanggung jawab dan pencapaian Anda secara spesifik.
  • Gunakan angka dan metrik untuk mengukur keberhasilan Anda.

Keterampilan dan Endorsement

  • Daftar keterampilan yang relevan dengan industri dan posisi yang Anda incar.
  • Dapatkan dukungan dari kolega dan koneksi untuk mengesahkan keterampilan Anda.
  • Gunakan fitur “Skills Assessment” LinkedIn untuk memvalidasi keterampilan Anda.

Rekomendasi

Minta rekomendasi dari manajer atau kolega yang dapat membuktikan keterampilan dan pengalaman Anda.

Koneksi

  • Terhubung dengan profesional di industri Anda.
  • Bergabunglah dengan grup yang relevan dan berpartisipasilah dalam diskusi.
  • Bagikan konten yang berharga dan terlibat dengan koneksi Anda.

Mencari Pekerjaan yang Tepat

Lamaran surat mengirim lewat melamar subjek melalui perusahaan pekerjaan undangan isi beserta lampirannya bahasa inggris

Untuk menemukan pekerjaan yang sesuai melalui LinkedIn, mulailah dengan menggunakan fitur pencariannya yang canggih. Ini memungkinkan kamu menyaring hasil berdasarkan lokasi, industri, tingkat pengalaman, dan banyak lagi.

Menggunakan Filter Pencarian

Setelah memasukkan kata kunci, persempit pencarian kamu menggunakan filter di sisi kiri halaman hasil. Ini memungkinkan kamu mengurutkan pekerjaan berdasarkan relevansi, tanggal posting, atau lokasi.

Melamar kerja melalui LinkedIn bisa jadi efektif, tapi jangan lupakan juga peluang di sektor ritel. Jika tertarik melamar di Hari Hari Swalayan, kunjungi cara melamar kerja di hari hari swalayan . Setelah memahami langkah-langkahnya, kembali ke LinkedIn dan manfaatkan fitur-fitur seperti rekomendasi dan pesan langsung untuk meningkatkan peluangmu diterima di perusahaan yang kamu incar.

Menjangkau Perekrut dan Manajer Perekrutan

Setelah menemukan beberapa pekerjaan yang menarik, jangkau perekrut dan manajer perekrutan yang bertanggung jawab. Cari profil mereka di LinkedIn dan kirim pesan yang dipersonalisasi, yang menyatakan minat kamu pada posisi tersebut dan mengapa kamu cocok untuk pekerjaan itu.

Menulis Pesan Lamaran yang Efektif

Cara melamar kerja melalui linkedin

Saat melamar pekerjaan melalui LinkedIn, penting untuk membuat pesan lamaran yang kuat yang akan menarik perhatian perekrut. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk membantu Anda menulis pesan lamaran yang efektif:

Pertama, mulailah dengan sapaan yang dipersonalisasi. Jika Anda mengenal perekrutnya, gunakan nama mereka. Jika tidak, Anda dapat menggunakan “Kepada yang terhormat [Nama Perekrut]”.

Kemudian, langsung jelaskan mengapa Anda melamar posisi tersebut dan mengapa Anda yakin menjadi kandidat yang cocok. Soroti keterampilan dan pengalaman Anda yang paling relevan dengan pekerjaan tersebut.

Selanjutnya, berikan contoh spesifik tentang bagaimana Anda telah menggunakan keterampilan dan pengalaman Anda untuk mencapai hasil yang positif. Hal ini akan membantu perekrut melihat bagaimana Anda dapat memberikan kontribusi pada perusahaan mereka.

Setelah kamu membuat profil LinkedIn yang memukau, jangan lupa untuk memanfaatkan platform ini untuk melamar pekerjaan. Namun, jika kamu ingin memperluas peluangmu, kamu juga bisa mempertimbangkan cara melamar kerja lewat outsourcing . Dengan mendaftar ke agensi outsourcing, kamu dapat mengakses berbagai posisi yang mungkin tidak tersedia melalui saluran tradisional.

Kembali ke LinkedIn, pastikan kamu mengoptimalkan profilmu dengan kata kunci yang relevan dan terhubung dengan perekrut untuk meningkatkan peluangmu mendapatkan panggilan wawancara.

Terakhir, akhiri pesan Anda dengan ajakan bertindak yang jelas. Misalnya, Anda dapat meminta untuk dijadwalkan wawancara atau memberikan informasi kontak Anda untuk tindak lanjut.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat menulis pesan lamaran yang efektif yang akan membantu Anda mendapatkan perhatian perekrut dan mendapatkan wawancara.

Melacak Lamaran Anda

Setelah melamar pekerjaan melalui LinkedIn, Anda dapat melacak status lamaran Anda menggunakan fitur pelacakan bawaan. Fitur ini memungkinkan Anda memantau kemajuan lamaran, menerima pemberitahuan tentang pembaruan, dan menindaklanjuti dengan perekrut.

Cara Menggunakan Fitur Pelacakan LinkedIn

  • Masuk ke akun LinkedIn Anda.
  • Klik ikon “Pekerjaan” di menu atas.
  • Pilih “Lamaran Saya” dari menu sebelah kiri.
  • Anda akan melihat daftar lamaran Anda. Klik “Lihat Detail” pada lamaran yang ingin Anda lacak.
  • Pada halaman detail lamaran, Anda akan melihat bagian “Status Lamaran”. Bagian ini akan menunjukkan status lamaran Anda saat ini (misalnya, “Sedang Ditinjau” atau “Tidak Dipilih”).

Tips Menindaklanjuti dengan Perekrut

  • Tunggu setidaknya satu minggu setelah melamar sebelum menindaklanjuti.
  • Kirim pesan yang singkat dan profesional, menanyakan status lamaran Anda.
  • Bersikaplah sopan dan jangan menuntut.
  • Tambahkan nilai pada pesan Anda dengan menunjukkan antusiasme Anda terhadap posisi tersebut atau memberikan informasi tambahan yang relevan.

Tabel Status Lamaran dan Tindakan yang Diambil

Status Lamaran Tindakan yang Diambil
Sedang Ditinjau Tunggu dan pantau lamaran Anda melalui fitur pelacakan.
Tidak Dipilih Terima penolakan tersebut dan pertimbangkan untuk melamar posisi lain yang sesuai.
Wawancara Dijadwalkan Persiapkan diri Anda untuk wawancara dan hadiri tepat waktu.
Tawaran Diterima Terima tawaran pekerjaan dan negosiasikan ketentuannya.

Jaringan dan Referensi

Membangun jaringan yang kuat di LinkedIn sangat penting untuk melamar kerja. Dengan terhubung dengan profesional di industri Anda, Anda dapat memperoleh informasi tentang lowongan pekerjaan, mendapatkan rekomendasi, dan belajar dari pengalaman mereka.

Mencari kerja di LinkedIn itu mudah! Cukup perbarui profil, hubungkan dengan perekrut, dan lamar pekerjaan yang kamu minati. Jika kamu mengincar posisi MD di Unilever, cek cara melamar kerja jadi md unilever . Mereka punya panduan lengkapnya. Setelah melamar, jangan lupa follow up dan terus aktif di LinkedIn.

Siapa tahu rezeki datang dari sana!

Membangun Koneksi

  • Bergabunglah dengan grup yang relevan dengan industri dan bidang minat Anda.
  • Kirim permintaan koneksi ke orang yang bekerja di perusahaan atau peran yang Anda minati.
  • Berinteraksi dengan postingan dan konten dari orang yang Anda kagumi.
  • Tulis artikel atau bagikan wawasan Anda untuk menunjukkan keahlian Anda.

Meminta Referensi, Cara melamar kerja melalui linkedin

Referensi yang kuat dapat sangat membantu lamaran kerja Anda. Jika Anda telah bekerja dengan seseorang yang dapat memberikan rekomendasi positif tentang keterampilan dan pengalaman Anda, jangan ragu untuk memintanya.

  • Pilih referensi yang mengenal Anda dengan baik dan dapat memberikan wawasan tentang kualifikasi Anda.
  • Berikan informasi yang jelas tentang posisi yang Anda lamar dan apa yang Anda cari dalam referensi.
  • Terima kasih atas waktu dan dukungan mereka.

Menggunakan Referensi

Saat menggunakan referensi dalam lamaran kerja, pastikan untuk menyertakannya dalam CV atau surat lamaran Anda. Anda juga dapat memberikan informasi kontak referensi Anda kepada pemberi kerja sehingga mereka dapat menghubungi mereka secara langsung.

Penutup

Cara melamar kerja melalui linkedin

Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan meningkatkan peluang Anda untuk sukses melamar kerja melalui LinkedIn. Platform ini menawarkan banyak sekali sumber daya untuk pencari kerja, jadi manfaatkan sebaik-baiknya untuk menemukan pekerjaan impian Anda.

Area Tanya Jawab

Bagaimana cara membuat profil LinkedIn yang menarik untuk melamar kerja?

Pastikan profil Anda lengkap, profesional, dan relevan dengan industri Anda. Sertakan foto profil yang jelas, ringkasan yang kuat, dan daftar keterampilan dan pengalaman yang komprehensif.

Bagaimana cara menemukan pekerjaan yang relevan di LinkedIn?

Gunakan fitur pencarian LinkedIn untuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan keterampilan dan pengalaman Anda. Manfaatkan filter untuk mempersempit pencarian dan jangkau perekrut dan manajer perekrutan di perusahaan yang Anda minati.

Bagaimana cara menulis pesan lamaran yang efektif?

Personalisasi pesan Anda untuk setiap pekerjaan yang Anda lamar. Tunjukkan bagaimana keterampilan dan pengalaman Anda sesuai dengan posisi yang Anda lamar dan jelaskan mengapa Anda adalah kandidat yang tepat.

Bagaimana cara melacak lamaran saya?

Gunakan fitur pelacakan LinkedIn untuk memantau status lamaran Anda. Anda dapat melihat apakah lamaran Anda telah dilihat, dipertimbangkan, atau ditolak. Anda juga dapat menindaklanjuti dengan perekrut jika diperlukan.

HTML is also allow ed.