Cara Melamar Kerja Lewat Email: Panduan Lengkap untuk Sukses

By | April 2, 2024

Cara melamar kerja lewat email yang baik dan benar – Mencari pekerjaan impian Anda? Melamar pekerjaan melalui email adalah cara yang efektif untuk memulai perjalanan Anda. Dalam panduan komprehensif ini, kami akan menguraikan semua yang perlu Anda ketahui untuk menyusun email lamaran kerja yang menarik dan profesional, meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan wawancara.

Dari menulis subjek email yang menarik hingga menyusun paragraf penutup yang memikat, kami akan memandu Anda melalui setiap langkah proses, memastikan Anda mengesankan calon pemberi kerja dan selangkah lebih dekat untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan.

Cara Menulis Email Lamaran Kerja yang Efektif

Kesan pertama itu penting, terutama dalam hal lamaran kerja. Email lamaran kerja yang ditulis dengan baik dapat membantumu menonjol dari kandidat lain dan meningkatkan peluangmu untuk mendapatkan panggilan wawancara.

Saat melamar kerja lewat email, perhatikan kesopanan, ejaan, dan tata bahasa yang baik. Untuk posisi sebagai guru, pelajari cara spesifik melamar kerja jadi guru . Dalam email lamaran, jelaskan kualifikasi Anda, pengalaman mengajar, dan semangat Anda untuk mendidik. Gunakan kata-kata yang kuat dan relevan untuk menggambarkan keterampilan Anda.

Akhiri dengan menyatakan minat Anda pada posisi tersebut dan berterima kasih atas waktu mereka.

Subjek Email yang Menarik

Subjek email lamaran kerjamu harus singkat, informatif, dan menarik perhatian perekrut. Cantumkan posisi yang kamu lamar, namamu, dan mungkin sedikit pencapaian atau keterampilan yang relevan.

Salam Pembuka yang Sopan

Salam pembuka yang tepat menunjukkan rasa hormat dan profesionalisme. Gunakan nama perekrut jika memungkinkan. Jika kamu tidak yakin dengan nama mereka, gunakan “Kepada Yth.” atau “Kepada Manajer Perekrutan yang Terhormat”.

Struktur Email Lamaran Kerja

Cara melamar kerja lewat email yang baik dan benar

Menyusun email lamaran kerja yang efektif sangat penting untuk mengesankan calon pemberi kerja dan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan wawancara.

Saat melamar kerja lewat email, pastikan untuk memperhatikan tata bahasa dan ejaan yang baik. Sertakan resume dan surat lamaran yang jelas dan ringkas. Untuk melamar di perusahaan besar seperti Pertamina, ada cara khusus yang perlu diikuti. Kamu bisa cek detailnya di cara melamar kerja pertamina . Setelah itu, kembali lagi ke email lamaran kamu.

Tulis subjek email yang menarik dan sertakan nama lengkap serta posisi yang dilamar di badan email. Kirim email ke alamat yang ditentukan dan tunggu kabar selanjutnya.

Berikut adalah struktur yang disarankan untuk email lamaran kerja:

Paragraf Pembuka

Mulailah dengan paragraf pembuka yang kuat yang menyatakan posisi yang Anda lamar dan bagaimana Anda mengetahui tentang lowongan tersebut. Nyatakan secara singkat mengapa Anda tertarik dengan posisi tersebut dan perusahaan.

Kualifikasi yang Relevan

Sorot kualifikasi dan pengalaman Anda yang paling relevan dengan posisi yang Anda lamar. Gunakan contoh spesifik untuk menunjukkan bagaimana keterampilan dan pengetahuan Anda akan bermanfaat bagi perusahaan.

Ajakan Bertindak

Akhiri email Anda dengan ajakan bertindak yang jelas. Nyatakan bahwa Anda ingin dipertimbangkan untuk posisi tersebut dan sertakan informasi kontak Anda untuk ditindaklanjuti.

Tanda Tangan

Tutup email Anda dengan tanda tangan profesional yang mencakup nama lengkap, informasi kontak, dan tautan ke profil LinkedIn Anda (jika ada).

Buatlah kesan yang baik saat melamar kerja lewat email dengan mengikuti etika yang benar. Pastikan untuk menyesuaikan isi email dengan lowongan pekerjaan yang dilamar. Jika bingung bagaimana memulainya, kamu bisa cek cara melamar kerja pakai email untuk panduan lebih lengkap.

Ingat, email lamaran yang baik dan benar akan meningkatkan peluangmu untuk dilirik oleh perekrut.

Bahasa dan Nada Email Lamaran Kerja

Lamaran isi mengirim subjek kerja lewat ketika surat etika septian benar diperhatikan sesuai baik pengiriman kamu melalui lampiran

Email lamaran kerja adalah kesan pertama Anda kepada calon pemberi kerja. Bahasa dan nada yang Anda gunakan sangat penting untuk membuat kesan yang baik dan menunjukkan profesionalisme Anda.

Penggunaan Bahasa Profesional

Gunakan bahasa yang formal dan profesional. Hindari bahasa gaul, singkatan, atau bahasa sehari-hari. Pastikan tata bahasa dan ejaan Anda benar.

Nada Sopan dan Percaya Diri

Nada email Anda harus sopan dan percaya diri. Tunjukkan antusiasme Anda terhadap posisi tersebut, tetapi hindari terdengar terlalu memaksa atau menuntut.

Lampiran dan Tindak Lanjut

Lamaran kerja surat mengirim lewat menulis cv baik inggris pekerjaan perusahaan melalui pengiriman pengantar lowongan kirim ben benar sederhana biodata

Melampirkan dokumen yang relevan dan menindaklanjuti dengan tepat dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan tanggapan positif.

Praktik Terbaik untuk Lampiran

  • Lampirkan resume dan surat lamaran Anda dalam format PDF untuk memastikan kompatibilitas.
  • Beri nama file lampiran dengan jelas, misalnya “Resume_Nama_Anda.pdf” dan “Surat_Lamaran_Nama_Anda.pdf”.
  • Batasi ukuran file lampiran menjadi kurang dari 5 MB untuk menghindari masalah pengiriman.

Tips Tindak Lanjut

Menindaklanjuti dengan tepat menunjukkan minat Anda yang berkelanjutan dan dapat membantu Anda menonjol dari kandidat lainnya.

  • Tunggu sekitar satu minggu setelah melamar sebelum menindaklanjuti.
  • Kirim email tindak lanjut yang sopan dan profesional yang menanyakan status lamaran Anda.
  • Hindari mengirim email tindak lanjut secara berlebihan. Jika Anda tidak menerima tanggapan setelah beberapa kali tindak lanjut, mungkin lebih baik untuk melanjutkan.

Menyusun Email Tindak Lanjut

Saat menyusun email tindak lanjut, ingatlah untuk:

  • Gunakan baris subjek yang jelas dan ringkas, seperti “Tindak Lanjut untuk Posisi [Nama Posisi].”
  • Mulai email dengan salam profesional dan merujuk pada lamaran awal Anda.
  • Tanyakan secara sopan tentang status lamaran Anda dan ungkapkan minat Anda yang berkelanjutan pada posisi tersebut.
  • Akhiri email dengan terima kasih dan harapan Anda untuk mendengar kabar segera.

Contoh Email Lamaran Kerja yang Baik

Cara melamar kerja lewat email yang baik dan benar

Email lamaran kerja yang baik adalah kunci untuk mendapatkan perhatian perekrut dan meningkatkan peluang Anda untuk diwawancarai. Berikut adalah beberapa contoh email lamaran kerja yang ditulis dengan baik:

Struktur Email, Cara melamar kerja lewat email yang baik dan benar

  • Gunakan alamat email profesional.
  • Tulis baris subjek yang jelas dan ringkas yang menyatakan posisi yang Anda lamar.
  • Mulai email dengan salam profesional, seperti “Kepada Yang Terhormat [Nama Manajer Perekrutan].”
  • Nyatakan dengan jelas posisi yang Anda lamar dan mengapa Anda tertarik.
  • Jelaskan secara singkat keterampilan dan pengalaman Anda yang relevan dengan posisi tersebut.
  • Tunjukkan antusiasme Anda terhadap perusahaan dan posisinya.
  • Sertakan ajakan bertindak, seperti permintaan wawancara.
  • Akhiri dengan salam profesional, seperti “Terima kasih atas waktu dan pertimbangan Anda.”

Bahasa dan Konten

  • Gunakan bahasa yang profesional dan sopan.
  • Periksa email Anda dengan cermat untuk kesalahan tata bahasa dan ejaan.
  • Sesuaikan email Anda dengan setiap posisi yang Anda lamar.
  • Sertakan bukti spesifik keterampilan dan pengalaman Anda.
  • Hindari penggunaan bahasa klise atau berlebihan.

Contoh Email

Berikut adalah contoh email lamaran kerja yang efektif:

Kepada Yang Terhormat [Nama Manajer Perekrutan],Saya menulis untuk menyatakan minat saya pada posisi Manajer Pemasaran yang diiklankan di LinkedIn. Dengan pengalaman saya selama 5 tahun dalam pemasaran digital dan manajemen merek, saya yakin dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi tim Anda.Selama bekerja di [Nama Perusahaan Sebelumnya], saya bertanggung jawab atas pengembangan dan implementasi kampanye pemasaran digital yang meningkatkan lalu lintas situs web sebesar 25% dan menghasilkan peningkatan pendapatan sebesar 10%. Saya juga memimpin tim yang mengembangkan strategi merek baru yang menghasilkan peningkatan kesadaran merek sebesar 30%.Saya sangat tertarik dengan fokus [Nama Perusahaan] pada inovasi dan keberlanjutan. Saya yakin keterampilan dan pengalaman saya akan menjadi aset berharga bagi perusahaan Anda.Saya bersemangat untuk mempelajari lebih lanjut tentang posisi ini dan bagaimana saya dapat berkontribusi pada kesuksesan [Nama Perusahaan]. Saya siap untuk wawancara kapan saja sesuai dengan kenyamanan Anda.Terima kasih atas waktu dan pertimbangan Anda.Hormat kami,[Nama Anda]

Ringkasan Terakhir: Cara Melamar Kerja Lewat Email Yang Baik Dan Benar

Dengan mengikuti tips dan trik yang diuraikan dalam panduan ini, Anda dapat menyusun email lamaran kerja yang akan menonjol dari keramaian dan menunjukkan kualifikasi serta antusiasme Anda. Ingatlah, kesan pertama itu penting, jadi luangkan waktu Anda untuk menyusun email yang mencerminkan keterampilan dan pengalaman Anda secara profesional.

FAQ dan Solusi

Apakah ada format khusus untuk email lamaran kerja?

Meskipun tidak ada format baku, umumnya mencakup subjek email, salam pembuka, paragraf pembuka, paragraf tubuh, paragraf penutup, ajakan bertindak, dan tanda tangan.

Bagaimana cara menulis subjek email lamaran kerja yang efektif?

Subjek email harus singkat, jelas, dan relevan dengan posisi yang Anda lamar. Hindari penggunaan subjek umum seperti “Lamaran Kerja” dan sertakan nama posisi dan perusahaan.

Apa yang harus saya sertakan dalam paragraf pembuka email lamaran kerja?

Paragraf pembuka harus menyatakan posisi yang Anda lamar, bagaimana Anda menemukan lowongan tersebut, dan mengapa Anda tertarik pada perusahaan dan posisi tersebut.

HTML is also allow ed.