Cara Mudah Melamar Kerja Lewat Email yang Menarik Perhatian

By | April 4, 2024

Cara masukin lamaran kerja lewat email – Mencari pekerjaan impianmu? Melamar kerja lewat email bisa jadi cara yang efektif. Dengan mengikuti panduan langkah demi langkah ini, kamu bisa menyusun email lamaran yang profesional, menarik, dan meningkatkan peluangmu untuk dilirik perekrut.

Email lamaran yang baik adalah kunci sukses untuk memulai kariermu. Jadi, yuk kita bahas cara membuatnya yang efektif!

Panduan Langkah demi Langkah untuk Melamar Kerja via Email

Cara masukin lamaran kerja lewat email

Melamar kerja melalui email adalah cara yang umum dan efisien untuk menunjukkan minat Anda pada suatu posisi. Ikuti langkah-langkah ini untuk menyusun dan mengirimkan email lamaran yang profesional dan efektif.

Format Email

  • Subjek:Jelaskan posisi yang Anda lamar dan perusahaan yang Anda tuju.
  • Salam Pembuka:Sapa penerima dengan namanya jika memungkinkan, atau gunakan “Yang Terhormat Manajer Perekrutan”.
  • Paragraf Pembuka:Nyatakan posisi yang Anda lamar dan bagaimana Anda mengetahui lowongan tersebut.
  • Paragraf Tubuh:Sorot keterampilan dan pengalaman Anda yang relevan dengan posisi tersebut. Gunakan kata kunci dari deskripsi pekerjaan.
  • Paragraf Penutup:Ulangi minat Anda pada posisi tersebut dan nyatakan keinginan Anda untuk dipertimbangkan. Sertakan ajakan bertindak, seperti permintaan untuk wawancara.
  • Salam Penutup:Gunakan salam profesional seperti “Hormat kami” atau “Terima kasih atas waktu Anda”.

Mengidentifikasi Penerima yang Tepat

Luangkan waktu untuk meneliti perusahaan dan mengidentifikasi orang yang tepat untuk dikirimi lamaran Anda. Periksa situs web perusahaan, LinkedIn, atau platform media sosial lainnya untuk menemukan manajer perekrutan atau anggota tim SDM yang relevan.

Tips Menulis Email yang Profesional

  • Gunakan bahasa yang jelas dan ringkas.
  • Koreksi dengan cermat untuk kesalahan tata bahasa dan ejaan.
  • Sertakan dokumen pendukung yang relevan, seperti resume dan surat lamaran.
  • Tindak lanjuti dengan email atau panggilan telepon jika Anda belum menerima tanggapan dalam beberapa minggu.

Membuat CV dan Surat Pengantar yang Efektif: Cara Masukin Lamaran Kerja Lewat Email

Contoh lamaran cara lewat melalui inggris menulis lowongan mengirim pengantar pekerjaan perusahaan undangan perkenalan melamar baik singkat menarik haqqi benar

Membuat CV dan surat pengantar yang efektif sangat penting untuk melamar pekerjaan melalui email. Berikut panduan langkah demi langkah untuk membantu Anda membuat dokumen lamaran yang mengesankan.

Kalau mau lamar kerja lewat email, biasanya tinggal lampirkan CV dan surat lamaran, terus kirim deh. Tapi kalau mau melamar di Home Credit, ada cara khususnya. Cek aja di sini: cara melamar kerja di home credit . Nanti kamu bakal tahu gimana caranya daftar akun, ngisi data diri, dan upload dokumen.

Setelah itu, tinggal tunggu panggilan deh. Nah, kalau mau lamar kerja lewat email biasa, tinggal ikuti langkah-langkah tadi aja ya!

Elemen Penting CV Efektif

CV Anda harus menyoroti keterampilan, pengalaman, dan kualifikasi Anda yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Elemen penting meliputi:

  • Bagian Pengalaman:Jelaskan secara detail pengalaman kerja Anda sebelumnya, termasuk tugas dan tanggung jawab utama.
  • Bagian Keterampilan:Buat daftar keterampilan teknis dan interpersonal yang Anda miliki, dengan penekanan pada keterampilan yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar.
  • Bagian Pendidikan:Cantumkan riwayat pendidikan Anda, termasuk gelar, lembaga pendidikan, dan tanggal kelulusan.

Menulis Surat Pengantar yang Menonjol

Surat pengantar Anda harus menarik perhatian perekrut dan menguraikan kualifikasi Anda untuk posisi tersebut. Tips menulis surat pengantar yang efektif:

  • Sesuaikan dengan Posisi:Sesuaikan surat pengantar Anda dengan setiap lamaran kerja, menyoroti keterampilan dan pengalaman yang relevan dengan posisi tersebut.
  • Mulai dengan Kuat:Buka surat pengantar Anda dengan paragraf yang menarik yang menyatakan minat Anda pada posisi tersebut dan mengapa Anda memenuhi syarat.
  • Berikan Bukti:Berikan contoh spesifik dari pengalaman dan keterampilan Anda yang menunjukkan bagaimana Anda memenuhi syarat untuk posisi tersebut.
  • Tutup dengan Ajakan Bertindak:Akhiri surat pengantar Anda dengan ajakan bertindak yang meminta wawancara atau tindak lanjut.

Menyesuaikan Dokumen Lamaran

Selalu sesuaikan CV dan surat pengantar Anda dengan setiap lamaran kerja. Tinjau deskripsi pekerjaan dengan cermat dan soroti keterampilan dan pengalaman yang relevan. Dengan menyesuaikan dokumen lamaran Anda, Anda akan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan perhatian perekrut dan diundang untuk wawancara.

Melampirkan Dokumen dan Tindak Lanjut

Setelah menyusun lamaran kerja yang menawan, langkah selanjutnya adalah melampirkan dokumen pendukung dan mempersiapkan tindak lanjut.

Kalau mau ngirim lamaran kerja lewat email, pastikan dulu file-nya sudah lengkap dan tersusun rapi. Nah, buat yang pengen tau lebih lengkap tentang cara melamar kerja by email, bisa cek langsung di sini: cara melamar kerja by email . Setelah itu, jangan lupa periksa lagi lampiran dan isi emailnya sebelum dikirim.

Dengan begitu, lamaran kamu jadi lebih profesional dan berpeluang lebih besar buat dilirik sama HRD.

Jenis Dokumen yang Diperlukan

Umumnya, dokumen yang perlu dilampirkan meliputi:

  • CV atau resume yang merangkum keterampilan, pengalaman, dan kualifikasi Anda
  • Surat pengantar yang memperkenalkan diri Anda dan menjelaskan minat Anda pada posisi tersebut
  • Contoh pekerjaan yang menunjukkan kemampuan dan keterampilan Anda yang relevan

Memformat dan Mengompres Dokumen

Pastikan dokumen Anda diformat dengan jelas dan profesional. Gunakan font standar, ukuran font yang mudah dibaca, dan margin yang memadai.

Untuk memastikan keterbacaan, kompres file Anda ke ukuran yang wajar tanpa mengurangi kualitas.

Etika Tindak Lanjut, Cara masukin lamaran kerja lewat email

Menindaklanjuti lamaran kerja menunjukkan minat dan keseriusan Anda. Tunggu beberapa hari setelah melamar sebelum melakukan tindak lanjut.

Anda dapat menghubungi perekrut melalui email atau telepon untuk menanyakan status lamaran Anda. Tetap profesional dan sopan dalam komunikasi Anda.

Cara masukin lamaran kerja lewat email itu gampang banget. Cukup sertakan CV dan surat lamaran dalam format PDF atau Word. Nah, kalau kamu mau melamar kerja pakai email dari HP, ada cara khusus yang bisa kamu simak di artikel cara melamar pekerjaan lewat email hp . Setelah itu, tinggal kirim deh email lamaran kerja kamu.

Jangan lupa pastikan subjek emailnya jelas dan profesional, ya!

Contoh Email Lamaran Kerja

Cara masukin lamaran kerja lewat email

Ketika melamar pekerjaan melalui email, penting untuk membuat kesan yang baik dan menunjukkan bahwa kamu adalah kandidat yang memenuhi syarat. Berikut adalah beberapa contoh email lamaran kerja yang berhasil:

Subjek

Subjek email lamaran kerja harus singkat dan informatif. Cantumkan posisi yang kamu lamar dan nama perusahaan.

Salam Pembuka

Salam pembuka harus profesional dan sopan. Gunakan nama manajer perekrutan jika kamu tahu, atau “Kepada Yang Terhormat Tim Perekrutan”.

Isi Email

Isi email harus jelas dan ringkas. Mulailah dengan menyatakan posisi yang kamu lamar dan bagaimana kamu mengetahui tentang lowongan tersebut. Kemudian, jelaskan secara singkat kualifikasi dan pengalaman kamu yang relevan dengan posisi tersebut. Sorot keterampilan dan pencapaian yang paling relevan, dan berikan contoh spesifik jika memungkinkan.

Jangan lupa untuk menunjukkan antusiasme kamu terhadap posisi tersebut dan perusahaan. Nyatakan mengapa kamu tertarik dengan perusahaan dan mengapa kamu yakin kamu adalah kandidat yang tepat.

Salam Penutup

Salam penutup harus sopan dan profesional. Ulangi minat kamu terhadap posisi tersebut, dan ucapkan terima kasih atas waktu dan pertimbangan mereka.

Tips Lanjutan untuk Meningkatkan Peluang Anda

Melamar pekerjaan lewat mengirim diterima ampuh biar

Untuk meningkatkan peluang Anda dalam mendapatkan pekerjaan, ada beberapa tips lanjutan yang dapat Anda ikuti:

Pentingnya Penelitian Perusahaan

Sebelum melamar pekerjaan, lakukan riset menyeluruh tentang perusahaan dan posisi yang Anda lamar. Memahami budaya, nilai, dan misi perusahaan akan membantu Anda menyesuaikan lamaran Anda dengan lebih baik.

Menyesuaikan Lamaran Anda

Sesuaikan lamaran Anda dengan deskripsi pekerjaan yang spesifik. Sorot keterampilan dan pengalaman yang relevan dengan persyaratan pekerjaan. Gunakan kata kunci dari deskripsi pekerjaan untuk mengoptimalkan lamaran Anda untuk sistem pelacakan pelamar.

Mengoptimalkan Email Anda

Pastikan email lamaran Anda profesional dan ringkas. Gunakan baris subjek yang jelas dan deskriptif yang merangkum lamaran Anda. Berikan informasi kontak Anda dengan jelas di akhir email.

Mendapatkan Umpan Balik

Setelah melamar, pertimbangkan untuk menghubungi perekrut atau manajer perekrutan untuk menindaklanjuti dan meminta umpan balik. Umpan balik ini dapat membantu Anda meningkatkan lamaran Anda untuk peluang di masa mendatang.

Kesimpulan

Dengan mengikuti tips ini, kamu bisa membuat email lamaran kerja yang memukau dan meninggalkan kesan positif pada perekrut. Ingat, kesabaran dan ketekunan adalah kunci sukses. Jangan menyerah jika lamaranmu belum membuahkan hasil, teruslah melamar dan perbaiki lamaranmu setiap saat.

Detail FAQ

Apa subjek email lamaran yang menarik?

Gunakan subjek yang singkat, jelas, dan relevan dengan posisi yang dilamar, seperti “Lamaran untuk Posisi Marketing Associate”.

Bagaimana cara menemukan alamat email perekrut?

Lihat di website perusahaan, LinkedIn, atau hubungi bagian HR untuk menanyakan alamat email perekrut yang relevan.

HTML is also allow ed.